DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN .................................................................................... i
LEMBAR
PENGUJI …………………………………………………………….. ii
KATA
PENGANTAR …………………………………………………………... iii
DAFTAR
ISI ……………………………………………………………………. v
DAFTAR
GAMBAR ……………………………………………………………. vii
DAFTAR
LAMPIRAN ………………………………………….......................... ix
BAB
I : PENDAHULUAN ............................................................... 1
A. Latar
Belakang ………………………………………... 1
B.
Tujuan ..............................……………………………... 2
C. Ruang Lingkup………………………………………… 3
D. Metode Pembuatan …………………………………… 3
BAB
II : LANDASAN TEORI ........................................................... 4
A.
Pengenalan
Program T3M……..………………………. 4
B. Peranan
Program T3M..……………..………………… 5
C. Instruksi Kerja
Program T3M………………………….. 5
D. Spesifikasi
Perangkat Keras…………………………… 6
BAB
III : ANALISIS
SOFTWARE T3M …........................................ 7
A. Kegiatan
Selama Prakerin ……………………………….12
B.
Definisi Program T3M Online....………………………. 13
C. Pentingnya Program T3M Online ……………………... 13
D.
Fungsi dan Cara kerja Program T3M Online.……………13
E. Cara Instalasi Program T3M Online ….………………. 14
F. Prosedur
Instalasi Program T3M Online.………………. 14
G. Prosedut
Keselamatan Kerja ............................................ 20
H. Prosedur
Aktivasi Program T3M Online.......................... 22
I. Operasional
Program T3M Online …............................. 23
J. Pemeliharaan
Penggunaan Program T3M Online............ 39
K. Penanganan
Gangguan...................................................... 39
L. Sistem Laporan ............................................................ ... 39
BAB
IV : PEMECAHAN MASALAH
A. Gangguan
Jaringan …………………………………… 40
B.
Gangguan Perangkat …………………………………… 41
C. Gangguan Massal ....................................................... 41
BAB
V : P E N U T U P
A. Kesimpulan …………………………………………… 43
B.
Saran-Saran …………………………………………… 44
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Pada
saat ini perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat
seiring zaman. Berbagai informasi yang terjadi
di berbagai belahan dunia,
kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi sekarang(globalisasi).
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan
perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban
dan kebudayaannya yang dulu tidak modern. Perubahan ini juga memberikan dampak
yang begitu besar terhadap transformasi yang ada di masyarakat dan khususnya terhadap penyediaan dan pengembangan
Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang telekomunikasi yang menjadi tuntutan
dalam dunia industri yang membutuhkan pekerja
yang profesional.
Menyikapi perkembangan dunia
telekomunikasi inilah diperlukan upaya penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dan terampil
melalui jalur pendidikan formal. SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru merupakan
salah satu SMK yang berupaya
mengembangkan dan meningkatkan
Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis
Telekomunikasi dan Informasi, yakni menjadikan manusia seutuhnya yang memiliki
wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa serta turut bertanggung jawab
terhadap kualitas lulusan agar memiliki kompotensi dan kemampuan seperti
tuntutan dunia industri.
Untuk itu, melalui Praktek Kerja
Industri inilah yang merupakan suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan siswa pada dunia usaha dan
dunia industri khususnya
telekomunikasi guna menerapkan ilmu yang diperoleh
selama di bangku sekolah untuk diaplikasikan pada dunia usaha dan dunia industri yang bertujuan untuk menambah
pengalaman dan sekaligus merupakan wadah pengenalan lingkungan kerja bagi siswa
untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Sehingga pada saat memasuki
dunia kerja mereka tidak merasa gugup dan canggung lagi.
B.
Tujuan
Adapun tujuan dalam pelaksanaan
PSG dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
1. Tujuan Pelaksanaan PSG
a.
Mempersiapkan tenaga
kerja yang memiliki keahlian professional dengan tingkat pengetahuan,
ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri
telekomunikasi dan industri jasa wisata melalui penyelenggaraan Pendidikan
Sistem Ganda pada SMK Telkom, SMK Pariwisata Telkom, AKATEL Sandhy Putra , dan
AKPAR Sandhy Putra.
b.
Memperkokoh "Link and Match" antara sekolah,
dunia usaha dan dunia industri.
c. Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
d. Memberi
pengakuan dan pnghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses
pendidikan.
e. Untuk
memenuhi tugas yang diberikan oleh sekolah sebagai pelengkap persyaratan dalam
menyelesaikan pendidikan di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
2.
Tujuan Pembuatan
Laporan
a)
Untuk memenuhi tugas
yang diberikan oleh sekolah sebagai pelengkap persyaratan dalam menyelesaikan
pendidikan di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
b) Mengetahui sejauh mana kemampuan siswa/siswi dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan yang dimilikinya.
c) Meninggalkan kreativitas siswa/siswi dalam penulisan yang bersifat objektif
maupun ilmiah.
d) Sebagai
bukti bahwa peserta sudah pernah melakukan praktik dalam dunia industri.
e) Untuk
menginformasikan kegiatan-kegiatan yang peserta lakukan selama peserta
berpraktik dalam dunia industri.
C.
Ruang Lingkup Batasan Masalah
Dalam
pembuatan laporan ini saya sebagai penulis membatasi hal yang dilakukan selama menjalani prakerin di PT. TELKOM Sampit
ini, yaitu
masalah penanganan gangguan
speedy dan operasi pelanggan yang meliputi :
1. Penyettingan
Modem speedy
2. Telkom
Trouble Ticket Monitoring System
D.
Metode
Metode-metode
yang digunakan dalam rangka memperoleh
bahan untuk pembuatan laporan yaitu:
1.
Metode Observasi
Metode
observasi yaitu melaksanakan
pengamatan dengan pencatatan data secara langsung maupun tidak langsung
terhadap obyek yang diamati dan dipelajari.
2. Metode
Interview
Melakukan
interview atau tanya jawab kepada
berbagai sumber untuk mendapatkan sebuah informasi atau jawaban dari suatu
masalah yang terjadi.
3. Metode
Analisis
Metode
yang dilakukan dengan cara membaca, mengamati dan memahami beberapa sumber
tertulis yang didapat dari pembimbing maupun yang didapat di sekolah sehingga memperoleh
informasi yang membantu proses penyusunan laporan.
4.
Metode Wawancara
Metode yang dilakukan dengan wawancara atau pemberian materi langsung
maupun tidak langsung dari pembimbing
lapangan.
BAB II
LANDASAN TEORI
A) Sejarah
Singkat PT. Telkom
PT.
Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang
dbergerak dibidang jasa, Telekomunikasi untuk umum dalam negeri. Pada awalnya
bernama “ Post En Telegraf Dienst” yang didirikan pada tahun 1884 dengan staf
blod No. 52, kemudian pada tahun 1906 diubah menjadi “post Telegraf En Telegraf
Dienst” (PTT) dengan starbold No. 395 dan sejak saat itu disebut PTT. Tahun
1931 ditetapkan sebagai usaha IBW. Selanjutnya pada tahun 1960 Pemerintah
mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti UU No. 19 tahun 1960, tentang persyaratan sebuah
Perusahaan Negara, ternyata PTT memenuhi syarat untuk menjadi Perusahaan Negara
(PN) dan PERPU No. 240 tahun 1961 berubah menjadi PN dan Telekomunikasi.
Lapangan
usaha PN Pos dan Telekomunikasi berkembang sedemikian pesatnya sehingga
organisasi perubahan perlu ditinjau kembali hasilnya berdasarkan keputusan
pemerintah (PP. No. 29-30 tahun 1965), berdasarkan kepada keputusan tersebut
maka pada tahun 1965 dilaksanakannya pemecahan PN Pos dan Telekomunikasi
menjadi dua perusahaan yaitu Perusahaan Pos dan Giro dan Perusahaan Negara
Telekomunikasi. Sesuai dengan surat keputusan Menteri Perhubungan R.I No. SK. 129/U/1970 tanggal 28 April 1970
PN Telekomunikasi yang didirikan pada tahun 1965 dilanjutkan sebagai Perusahaan
Umum Telekomunikasi yang disingkat PERUMTEL, keberadaan PERUMTEL dilakukan
dengan Peraturan Pemerintah No. 36.
Tahun 1974 yang menetapkan sebagai pengelola Telekomunikasi untuk umum dalam negeri
dan luar negeri.
Pada akhir tahun 1980
pemerintah mengambil kebijaksanaan dengan membeli seluruh saham PT. INDOSAT
sebuah perusahaan swasta yang didirikan dalam rangka Penanaman Modal Asing
(PMA) yang kemudian diubah statusnya menjadi suatu BUMN berbentuk persero,
kemudian selanjutnya pembelian saham tersebut dituangkan saham bentuk
pemerintah No. 52 tahun 1980.
Selanjutnya
untuk lebih meningkatkan pelayanan jasa Telekomunikasi untuk umum dengan
peraturan pemerintah No. 22 tahun 1974 yakni menetapkan PERUMTEL sebagai badan
usaha yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan Telekomunikasi untuk umum
Internasional.
Dengan
ditetapkannya undang-undang No. 3 tahun 1989 tentang Telekomunikasi di
Indonesia, maka usaha penyelenggaraan Telekomunikasi Indonesia mendapat angin
segar dalam pengembangan dan pembangunannya, kemudian dalam rangka peningkatan
efisiensi dan efektivitas usaha jasa Telekomunikasi dengan peraturan pemerintah
No. 25 tahun 1991 perusahaan Telekomunikasi berubah status menjadi PT. (Persero)
Telekomunikasi Indonesia yang selanjutnya disebut TELKOM. Akta pendirian Telkom
No. 128 tahun 1991 Notaris Imam Fatimah, S.H.
Dengan
berubahnya status ini maka makin terbuka peluang bagi PT. TELKOM untuk berbuat
lebih baik lagi dalam usaha memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen jasa
Telekomunikasi.
Perubahan
dilingkungan PT.TELKOM (persero) berlangsung seperti perubahan dari jawatan
persero sampai perubahan public, bahkan secara macro penyelenggaraan yang
semula menjadi monopoli Pemerintah berlangsung Privatisasi penyelenggraan
Telekomunikasi. Jika perubahan tersebut dimaksud untuk meningkatkan kemampuan
perusahaan.
1)
Perubahan besar-besaran terjadi pada
tahun 1995 meliputi :
2)
- Restrukturisasi internal
3)
- Kerja sama operasi
4)
-
Initial public offering
5)
Sebagai hasil restrukturisasi, sejak 1
Juli 1995 organisasi TELKOM terdiri dari tujuh Divisi Regional dan satu Divisi
Network, yang kedua-keduanya mengelola bidang usaha.
6)
Divisi Regional ini menjadi pengganti
struktur wilayah usaha Telekomunikasi (WITEL) yang memiliki daerah territorial
tertentu, namun hanya menyelenggarakan jasa telepon local dan mendapat bagian
dari jasa Sambungan Langsung (SLI) melalui perhitungan interkoneksi.
7)
Divisi Network menyelenggarakan jasa
Telekomunikasi jarak jauh dalam negeri pengoperasian jaringan transmisi jalur
utama nasional. Divisi regional TELKOM memiliki wilayah sebagai berikut :
·
Divisi I Sumatera
·
Divisi II Jakarta Raya meliputi
(Jabotabek) Jakarta, Bogor, Tanggerang,
·
Bekasi, Bogor, Kerawang, dan Purwakarta
·
Divisi III Jawa Barat minus Serang,
Bogor, Kerang, dan Purwakarta.
·
Divisi III Jawa Barat minus Serang,
Bogor, Kerawang, dan Purwakarta.
·
Divisi IV Jawa Tengah dan Daerah
Istimewa Yogyakarta.
·
Divisi V Jawa Timur.
·
Divisi VI Seluruh Kalimantan.
·
Divisi VII Kawasan Timur Indonesia
terdiri dari Sulawesi, Bali, Nusa
·
Tenggara, Maluku dan Irian Jaya.
8)
Adapun yang termasuk Divisi penunjang
(Support) adalah:
·
Divisi Riset Teknologi Informasi (RISTI)
·
Divisi Atelir
·
Divisi Properti
·
Divisi Pelatihan
·
Divisi Sistem Informasi
·
Divisi Pembangunan
·
Divisi Fix Wireless
·
Divisi Extrepreneur
9)
Perkembangan terakhir berdasarkan
keputusan Direksi TELKOM, mulai tanggal 31 Desember 1996, TELKOM menambah dua
divisi yaitu : Divisi Multimedia sebagai pengelola bisnis dan Divisi Pembangunan
sebagai divisi penunjang.
10)
Adapun ruang lingkup usaha dari
masing-masing Divisi di PT. TELKOM dapat diuraikan sebagai berikut :
·
Divisi Network (DIVA)
Divisi yang menyelenggarakan jasa
Telekomunikasi jarak jauh dalam negeri melalui pengoperasian jaringan transmisi
jalur utama nasional. Penanganan Divisi Network utamanya adalah untuk
kepentingan Internal PT. TELKOM.
·
Divisi Multimedia
Divisi mengelola jasa Multimedia dan
Network Provider untuk melayani masyarakat, langganan dan Internal PT. TELKOM,
Internet Provider, Cooperate Customers. Divisi ini bertanggung jawab untuk
menyiapkan bisnis dan masa depan yang ditandai dengan adanya konvergansi
Telepon, TV Kabel (Video Communication) dan Internet (Computer Comunication).
·
Divisi Sistem Informasi
Divisi yang menyediakan sistem informasi,
baik untuk kepentingan PT. TELKOM maupun pihak lain, Sistem Informasi
Management, Sistem Informasi Customer ( I-SISKA) Billing Coorperate Data Base, Interkoneksi
Billing dan proses Telepon Selular.
·
Divisi Riset Teknologi Informasi (RisTI)
Divisi
yang melaksanakan riset dan pengembangan teknologi Telekomunikasi dan informasi
untuk keperluan Internal PT. TELKOM, baik riset pengembangan produk baru,
standarisasi perangkat, Ground Scenario Tecnology dan kaji laboratorium.
·
Divisi Properti
Divisi yang mengelola propertis (tanah,
gedung dan sarana lainnya) milik PT.
TELKOM yang tidak berkaitan dengan alat produksi. Pengelolaan properties
ini utamanya untuk kepentingan PT. TELKOM, namun bila memungkinkan dapat
melayani pihak lain.
·
Divisi Atelir
Divisi yang berfungsi sebagai repair
center (Pusat Perbengkelan) bagi PT. TELKOM meliputi pengetesan dan modul
repair, menyediakan suku cadang perangkat dan konsultasi.
·
Divisi Pelatihan
Divisi
yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi pegawai PT. TELKOM untuk
menunjang terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas, professional dan
berintegrasi.
·
Divisi Pengembangan
Divisi yang melaksanakan pembangunan,
rekontruksi jaringan, konsultasi pembangunan, desain proyek dan pengadaan untuk
keperluan PT. TELKOM. Divisi pembangunan ini tidak menangani pembangunan yang
menjadi tanggung jawab mitra KSO.
·
Divisi Fix Wieless
Divisi
yang bertanggung jawab pada pengadaan produk TELKOMFlexi serta maintenance jaringannya.
·
Divisi Extrepreneur
Divisi yang berfungsi sebagai analis
pasar Telkom kedepan, sehingga kinerja dari Telkom dapat terus terjaga dari
sudut konsumen.
B) Pengenalan TELKOM
TROUBLE TICKET MONITORING.
Telkom Trouble Ticket
Monitoring System
adalah
sebuah program
yang berbasis web
yaitu program.php, digunakan di PT. TELKOM Sampit untuk database laporan penggunaan speedy
pelanggan yang gangguan
maupun rusak.
Bisa kita singkat T3M saja ,program ini yang digunakan untuk
mempermudah dalam penanganan gangguan pada pelanggan di PT. TELKOM. Dengan
menggunakan program T3M
inilah, gangguan, kerusakan
speedy,
dan lain-lainnya dapat kita
ketahui karena ada laporan yang bersumber dari pelanggan yang melapor.
Data-data di T3M merupakan
suatu informasi yang sangat penting juga. Data-data
itu memberitahukan kita bahwa dimana saja speedy maupun teleponnya gangguan
sehingga akan kita cek ke lapangan dan diperiksa apa yg membuat speedy maupun
telepon tersebut mengalami gangguan. Program T3M
dapat dibuka
pada sebuah komputer dan laptop
manapun yang ber-OS Windows maupun Linux asal ada Internet Browsernya dan harus
connect ke internet. Tetapi membukanya harus mendapat izin dari petugas
PT.TELKOM SAMPIT yang bersangkutan.
Gambar 2.1 URL untuk ke TELKOM TROUBLE TICKET
Gambar 2.2 Tampilan awal login T3M ONLINE
Untuk masuk
ke TELKOM TROUBLE TICKETnya , kita harus masukkan userID dan password di form pengisian tersebut.
C) Peranan Program
TELKOM TROUBLE TICKET
Dengan program TROUBLE TICKET ini, kita
dapat mempermudah dalam penyelesaian gangguan pada perangkat telekomunikasi
baik letak ataupun nomor telepon yang mengalami gangguan berdasarkan letak yang
mengalami gangguan. Yang kedua dengan program ini kita dapat mengetahui gangguan tersebut terkirim dari mana berasal biasanya
pelaporan dari Mitra POJ Palangkaraya. Dengan adanya program T3M ini penanganan memudahkan unutk mengetahui
gangguan pada perangkat telekomunikasi tersebut.
D) Instruksi Kerja Program
TELKOM TROUBLE TICKET
Instruksi kerja program T3M merupakan instruksi
kerja yang digunakan untuk mengetahui berbagai macam pengetahuan gangguan telepon,gangguan speedy
serta gangguan/masalah
jaringan.
E)
Spesifikasi Perangkat Keras
Spesifikasi
perangkat keras yang digunakan di PT. TELKOM Sampit untuk TELKOM TROUBLE TICKET adalah sebagai berikut.
a. HP compaq dx2355 MT (Build Up)
b.
AMD Athlon Dual Core Processor 4450B 2.31 GHZ, 1 GB
RAM
c.
Harddisk 80 GB
Selain perangkat keras yang digunakan di PT. TELKOM Sampit untuk membuka TELKOM TROUBLE TICKET kita bisa menggunakan computer atau laptop yang lain
minimal spesifikasi perangkat kerasnya adalah:
a. Processor Intel Atom atau Intel Pentium Inside
b. 512 RAM
c. Harddisk 80GB
BAB
III
ANALISIS
PROGRAM TELKOM TROUBLE TICKET MONITORING SYSTEM
A. Kegiatan
Selama Prakerin
Kegiatan saya selama Prakerin di PT.TELKOM SAMPIT
adalah sebagai berikut :
1. Di ruangan MDF
·
Perapihan
Jumper Wire
·
Monitoring
GGN, Printout WO,TENOSS
·
Setting
Speedy
·
Cek
Arister
2.
Di
ruangan Caring
·
Survey
DP
·
Diagnosing
gangguan Speedy
·
Setting
Speedy
·
PRACT0 dan CT0
·
T3 Monitoring Online
3.
Di
ruangan Central
·
Menghapus
database pelanggan
·
PSB MSAN
·
Setting
Speedy
·
BMML
Dari
semua kegiatan Prakerin tersebut , saya bataskan 2 bahasan untuk dijadikan
laporan dan itu yang paling sering saya kerjakan, yaitu Setting Speedy dan T3M Online.
B. Definisi
Program T3M Online
T3M merupakan program berbasis web yang digunakan mengelola data-data gangguan dan kerusakan jaringan , speedy maupun juga
telepon
pelanggan. serta memberikan informasi kepada penggunanya dengan cepat dan
mudah. Dengan kata lain, T3M memberi flexibilitas
kepada operator jaringan. Program
T3M berjalan
memakai koneksi internet
speedy
dan hanya dapat diakses oleh karyawan
PT.
TELKOM yang otomatis telah memiliki username dan password
untuk dapat login ke dalamnya. Kemudian menu-menu yang terdapat dalam program T3M sudah dikelompokkan
berdasarkan divisi yang ada di PT. TELKOM. Contohnya, pada divisi regional Banjarmasin, maka kita akan melihat data-data
laporan gangguan telepon dan speedy dari Banjarmasin saja.
Kita sebagai anak PRAKERIN juga bisa menggunakan program ini akan tetapi
, harus ada izin dari petugas yang bersangkutan dan digunakan sesuai apa yang
ditugaskan dan hanya bisa diakses memakai internet.
C. Pentingnya Program
T3M Online
T3M merupakan program yang sangat penting
untuk mempermudah melakukan proses pencarian data gangguan telepon, jaringan maupun Speedy
secara cepat dan mudah
untuk mengetahui letak tempat dimana pelanggan yang melapor, karena datanya
sudah tertera di T3M.
D. Fungsi dan cara Program T3M
Online
Cara kerja T3M
digunakan untuk itu simple,
untuk
mengetahui berbagai macam gangguan
jaringan,gangguan modem
ataupun bisa gangguan masal.
E. Cara
Instalasi Program T3M Online
Karena
T3M adalah software berbasis web maka untuk membuka T3M hanya perlu memasukkan
URL Portal t3-online.telkom.co.id,
lalu masukkan username dan password yang sudah diberikan sesuai dengan pemberian dari pihak PT.TELKOMnya, asalkan anda sudah terkoneksi dengan internet, dengan provider
SPEEDY atau apapun yg produk TELKOM
yang sudah tersetting di laptop maupun PC anda.Tapi biasanya petugas TELKOM
sering membuka ini T3M melalui
koneksi SPEEDY, jarang yang lain.
Disini saya akan menjelaskan bagaimana menyetting SPEEDY agar T3Mnya bisa
terbuka.
F.
Prosedur Instalasi Program T3M Online
Berikut
akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan setting komputer / laptop dengan menggunakan modem SPEEDY agar dapat membuka T3M
dengan maksimal :
1. Modem SPEEDY
Pastikan
anda sudah mempunyai jaringan SPEEDY
dirumah ataupun didaerah anda dan sudah mendapatkan modem yang sudah disediakan
dan dipinjamkan dari PT.TELKOM ataupun sudah mempunyai modem sendiri. Dan
pasang lah sesuai prosedur yang ada.
Gambar
2.3 Tampilan
belakang modem
Gambar 2.4 Pemasangan
modem
Pastikan lampu POWER,ADSL,
dan LANnya menyala. Lampu ADSL itu memberitahukan bahwa
sinyal/jaringan hidup/aktif. Jika hidup berarti aktif jika
mati
maka jaringan tidak ada/ bisa rusak.
Gambar
2.5
Lampu LED modem SPEEDY TP-LINK
2. Web Browser
Setelah modem sudah terpasang dengan benar. Maka bukalah Web browser
yang ada dilaptop anda. Bisa Internet
Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya.Disini saya
menggunakan web browser Mozilla Firefox.
Ketikkan tempat kolom URLnya dengan
IP 192.168.1.1
Gambar
2.6
Tampilan awal Mozilla firefox
3. Login
Lalu tekan
Enter. Setelah itu akan muncul Autentifikasi dari penyettingan modem SPEEDYnya, dan masukan Usernya admin dan Password juga admin. Lalu pilih OK.
Gambar
2.7
Autentifikasi Login Admin modem
4.
Setting
Speedy
Inilah
tampilan pertama setup modem speedy, kita pilih Interface Setup , kemudian
click Internet.VPI dan VCI koneksi speedy selalu harus 0 dan 35
, Statusnya diaktifkan
ISP pilih PPPoA/PPPoE.
Gambar 2.8 Tampilan Interface Setup
modem TP-LINK Speedy
Masukkan
Username dengan Password yang sudah disediakan dari
PT.TELKOM
Bridge interface deactivedkan.
Gambar 2.9 Tampilan Interface Setup
ke-2
Get
IP Address Dynamic ,Default Route Yes
dan yang lainnya sesuaikan dengan yang sudah tersetting terlebih dahulu.Kalau sudah, save
dan tunggulah beberapa saat.
Gambar 3.0 Tampilan
Interface Setup ke-3
Apabila sudah tersetting/terinstall jaringan speedynya maka melihat terkoneksi
Atau
tidak adalah buka Menu Status. Ceklah lancarnya koneksi di SNR Margin dan
Line Attenuation.
Gambar 3.1 Tampilan Menu
Status
5.
Baik
jeleknya koneksi SPEEDY
Bisa dilihat dari SNR Margin dan Line Attenuation seperti dibawah ini:
Gambar
3.2 Daftar
SNR Margin dan Line Attenuation
6. Setting Wifi
Kelebihan modem Speedy
sekarang adalah modemnya sudah langsung route juga. Jadi kalau ingin
menggunakan koneksi Wifi langsung disetting di modemnya, tanpa harus beli Access Point atau Routernya lagi. Cara settingnya sebagai berikut:
Gambar 3.3
Tampilan awal Google Chrome
Ketikkan di
URLnya dengan alamat IP 192.168.1.1 ,
isikan user dan passwordnya admin dan admin. Klik Ok, terus Interface setup kemudian
pilih Wireless.Broadcast SSID YES ,
lalu isilah SSID/nama wireless sesuai
apa yang kalian inginkan. Dan sebagai contoh disini namanya adalah Plasa Telkom.
Password terserah apabila mau dipakai, kalau tidak dipakai pilih Disabled saja.Pilih Save jika sudah disetting , dan
wireless bisa digunakan.
Gambar
3.4
Tampilan Interface setup Wireless
G. Prosedur Keselamatan
Kerja
Beberapa
hal yang perlu diperhatikan ketika bekerja didepan komputer, yaitu dengan
mengatur posisi duduk, monitor dan posisi meja.
1.
Posisi duduk
a.
Posisi paha horizontal, sejajar dengan lantai.
b.
Posisi telapak kaki menapak ke tanah. Bila tidak,
berarti posisi duduknya terlalu tinggi.
c.
Bantalan kursi menopang punggung bagian bawah,
sehingga punggung tetap tegak.
d.
Rubah posisi duduk Anda secara berkala selama bekerja,
karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan
ketidaknyamanan.
e.
Punggung santai tapi tidak membungkuk.
f.
Kepala tak membungkuk atau terlalu condong ke depan.
2.
Monitor
b.
Pastikan layar monitor dalam kondisi bersih, sehingga
tak ada noda yang menghalangi pandangan mata.
c.
Atur setelan brightness dan kontras layar
secukupnya sehingga nyaman bagi mata.
d.
Atur posisi layar monitor agar tak memantulkan cahaya
yang menyilaukan mata.
e.
Atur posisi bagian atas layar sejajar atau sedikit di
bawah pandangan mata.
f.
Jarak antara mata ke layar kira-kiran di kisaran 50-60
cm.
3.
Posisi Meja
a.
Letakkan keyboard pada posisi yang membuat lengan
terasa rileks.
b.
Posisi siku dengan meja membentuk sudut 90 derajat.
c.
Pergelangan tangan pada posisi netral, lurus dan
nyaman.
d.
Saat mengetik, pergelangan tangan berada pada posisi
yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari.Tempatkan
mouse dekat dengan keyboard, sehingga tak perlu menggerakan tangan terlalu jauh
untuk meraihnya.
H. Prosedur
Aktivasi Program T3M Online
Jika login benar maka akan masuk ke program TROUBLE TICKETnya. Jika login dan password salah akan muncul WrongUser ID or Password, ulangi login.
Gambar 3.5 Tampilan Aktivasi
T3M online
Tapi kalau User ID or Password sudah benar tapi tetap tidak bisa masuk , berarti program T3Mnya ada gangguan , dan bisa melapor ke Palangkaraya dan menunggu repairnya.
Gambar 3.6 Tampilan Utama
T3M-Online
I.
Operasional
Program T3M Online
Operasional perangkat T3M
pertama yaitu dari membuka tab Ticket halaman
utama T3M.
Gambar
3.7
Tampilan Utama T3M-Online 2
1. Proses
Operasional
a. Ticket Speedy Area
Ticket Speedy Area
digunakan untuk mengetahui
laporan gangguan jaringan speedy ataupun kerusakan dalam perangkat internetnya
dari pelanggan ke telkom, Dengan prosedur sebgai berikut untuk membukanya :
Buka
T3M melalui web
browser, web browser yang biasa
dipakai adalah Firefox, lalu masukkan
address seperti pada gambar.
Gambar 3.8
URL address T3M online
Maka
akan masuk kedalam web T3M lalu isikan userID dan password-nya.
Gambar
3.9
Halaman T3M online
Setelah
login , anda akan masuk ke tampilan menu utama T3M online
Gambar 3.10 Tampilan menu utama T3M
online
1) Setelah
login, pilih menu Ticket
Gambar 3.11
Tampilan menu T3M online
2) Lalu
pilih klik menu Speedy Area
Gambar 3.12 Tampilan T3M
online
3) Ticket
Speedy Area adalah
dimana suatu laporan gangguan atau kerusakan jaringan maupun perangkat speedy
akan berbentuk ticket, dan itu ticket khusus semua pengguna speedy saja.
4)
Pilih lagi Ticket Per Datel
Pilih lagi Ticket Per Datel
Gambar 3.13 Tampilan data
di menu Ticket , Speedy Area
5) Pada
gambar 3.21
arti dari Ticket Per Datel adalah
ticket Daerah daerah tempat
pelanggan yang berlangganan Telkom maupun telepon ataupun Speedy.
6)
Ketika
sudah dipilih Ticket Per Datel, maka T3M online akan meminta tempat Regional
manakah yang mau dilihat ticketnya, maka pilih Regional Sampit yaitu
adalah Regional VI.
Gambar 3.14 Tampilan T3M online (Regional)
7)
Pilih Areanya adalah DATEL PALANGKARAYA trus klik lah SEARCH
Pilih Areanya adalah DATEL PALANGKARAYA trus klik lah SEARCH
Gambar 3.15 Tampilan
T3M Online (Pilih Area)
8) Inilah
tampilan yang akan keluar setelah kita SEARCH tadi , list list nama pelanggan
yg melapor ada gangguan Speedy
Gambar 3.16 Tampilan
T3M online(Ticket Active)
9) No.Speedy L:7 maksudnya adalah, laporan yang
sudah lumayan lama tidak ditangani dan diminta untuk lekas diperbaiki
10)
No Speedy L:4 maksudnya adalah
laporan yang sudah terlalu lama tidak ditangani dan diminta untuk segera
diperbaiki
11)
No Speedy L:4 maksudnya
adalah laporan termasuk lama juga sekitar 2 minggu tapi tidak ada penanganan,
dan diminta untuk diperbaiki
12)
Setelah tampil seperti gambar diatas, maka inputkan No.Speedy di kolom search yaitu 162407 ,terus Tekan Enter.
Setelah tampil seperti gambar diatas, maka inputkan No.Speedy di kolom search yaitu 162407 ,terus Tekan Enter.
Gambar 3.17
Tampilan T3M online 2(Ticket Active)
13)
Setelah itu,buka salah satu laporan ticket gangguannya klik
kanan, Open Link In New Tab
untuk memudahkan.
Gambar
3.18 Tampilan T3M Online 3 (Ticket Active)
14) Inilah tampilan Ticket laporan pelanggan,
Gambar
3.19
Hasil Ticket
Gambar 3.20
Hasil Ticket 2
Gambar
3.21
Hasil Ticket 3
15) Bacalah analisa awal gangguan, jika sudah. Catatlah
ticket laporan diantaranya :
·
Speedy
Number
·
Nama
pelanggan/pelapor
·
Alamat
lengkap
·
No.telp/Contact
Personnya
·
Keluhan
yang dialami
·
Password
Speedynya
b. Login OS3
Password bisa kita dapatkan dengan bertanya dengan
Customer Service atau
bisa kita cari sendiri menggunakan program web Login OS3.
1) OS3 bisa dibuka di PC atau laptop Petugas TELKOM saja,
membukanya harus ada ijin dengan petugas TELKOM yang bersangkutan.
Buka di PC Customer
Service Login OS3nya , masukkan
Username dan Password dari Telkomnya.
Gambar
3.22 Login Os3
2) Setelah terbuka , Klik + Transaksi Speedy , Search
Account
Gambar
3.23
Tampilan pencarian akun Speedy
3) Kemudian centang di kotak Username , masukkan Username
Speedy pelanggan.
Gambar 3.24 Tampilan
Search account Speedy
4) Pilih Cari, kemudian klik gambar Kaca pembesar(Query), maka akan muncul password
speedynya.
Gambar
3.25
Hasil Search account Speedy
5)
Setelah password telah dicatat, maka kalau ingin lebih baiknya
, telepon pelanggan yang bersangkutan, Tanya kapan bisa diperbaiki dan
segeralah menuju kerumahnya.
c. Macam-macam
gangguan Speedy
Penanganan
gangguan internet speedy yang dilakukan oleh para teknisi yang bekerja dilapangan.
Mereka meninjau satu persatu kerumah maupun
instansi / perusahaan pelanggan speedy. Begitupun dengan penulis yang
beberapa kali pernah terjun langsung
kelapangan dan mendapatkan hasil observasi sebagai berikut :
Adapun table Analisa Output sebagai
berikut :
|
|||
No
|
Gangguan
|
Akibat
|
Penanganan
|
1
|
Modem tidak dapat koneksi
|
- Modem terjatuh
|
- Ganti modem dengan
yang baru
|
- Modem terkena sambar
petir
|
- Setting ulang modem
|
||
- Lampu ADSL mati
|
- Cek kualitas
jaringan dengan Embassy
|
||
2
|
Username dan password tidak berfungsi
|
- Pelanggan mencoba
setting modem sendiri
|
- Setting ulang modem
dengan meminta data password dan username dari operator
|
- Modem di pakai di
computer yang lain
|
|||
- Pelanggan iseng
menreset settingan modem
|
|||
3
|
Modem koneksi tapi tidak dapat browsing
|
- Lampu ADSL kedap –
kedip
|
- Cek status jaringan
oleh operator dengan menggunakan Embassy
|
- Kualitas jaringan
down
|
- Apabila kualitas
buruk minta bantuan operator MDF ( Maintenance Distribution Facility)
|
||
- Cuaca buruk
|
|
||
- Port DSLAM berubah
|
|
||
4
|
Jalur speedy terkena cuaca buruk
|
- Hujan deras
|
- Minta bantuan
teknisi untuk bekerja sama memperbaiki jalur
|
- Jalur tertimpa pohan
tumbang
|
|||
5
|
PC tidak konek
|
- OS tidak support
|
- Pilih Encapsulation
: PPoE
|
- LAN Card tidak
terdeteksi
|
- Username dan
password di simpan di modem
|
||
|
- ON/OFF speedy dari
power modem
|
||
|
- Install windows XP
|
||
6
|
Koneksi speedy putus – putus
|
- Kualitas jaringan
jelek
|
- Perbaikan jaringan
fisik
|
- Kualitas splitter
jelek
|
- Ganti splitter
matikan modem beberapa saat sampai lampu ADSL menyala
|
||
- Kualitas modem jelek
(Modem panas)
|
|
d. Menclose Tiket di T3M
online
Jika gangguannya sudah teratasi dengan mendatangi
perusahaan atau tempat pelanggan yang bersangkutan,maka ticket yd sudah
ditangani harus diclose. Cara closenya ada 2 sebagai berikut :
a. Cara Technical close
1)
Buka
T3M onlinenya , terus buka tiket yg
sudah ditangani, copy Nomor ticketnya
Gambar 3.26 Tampilan Ticket
4
2) Terus buka Menu ACTION terus TECHNICAL CLOSE , copy nomor tadi , ke kolom Nomor yg tersedia, terus Search , tekan Enter.
Gambar 3.27
Input nomor Tciket
3) Setelah terbuka , klik Nomor ticketnya.
Gambar 3.28 Hasil
pencarian nomor Ticket
4)
Muncul
beberapa form , isi form Segment dan Sub Segment sesuai apa gangguan dan
hasil perbaikannya.
Gambar 3.29 form
Technical Close
Jika memang benar selesai di tangani Form Dispatchnya
kirim ke C3 Balikpapan. Jika belum
tertangani dengan selesai maka Dispatch lagi kepada Mitra POJ Palangkaraya. Jika sudah klik SAVE.
b. Secara Dispatch
close
1) Buka T3M onlinenya , terus buka tiket yg
sudah ditangani, copy Nomor ticketnya
Gambar
3.30 Tampilan ticket 5
2) Kemudian ketik tindakan yang sudah dilakukan dan
hasilnya jika sudah Dispatch ke C3 Balikpapan atau Mitra POJ Palangkaraya.Trus Klik SAVE.
Gambar 3.31
Form pengisian Tindakan dan Hasil
J. Pemeliharaan Penggunaan
Program T3M Online
Karena perangkat di jalankan melalui
sebuah komputer maka untuk pemeliharaan agar meningkatkan kinerja perangkat
adalah dengan melakukan Scan Disk
untuk memeriksa file system dari
kemungkinan error serta
memperbaikinya dan melakukan Disk Defragment untuk menjaga kestabilan dan kondisi hardisk serta
mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program.
K. Penanganan gangguan
Gangguan yang terjadi
pada perangkat biasanya adalah tidak
bisa login,
atau gangguan dari jaringannya. Penanganan yang dilakukan yaitu
dengan cara melaporkan Help Desk IS Cente,
atau ke Palangkaraya dan Banjarmasin.
L. Sistem pelaporan
Sistem pelaporan dapat
dilakukan dengan cara via call ke
nomer 500472.
BAB
IV
PEMECAHAN MASALAH
Sebagaimana yang telah dijelaskan di
penjelasan sebelumnya bahwa strategi pemecahan masalah yang ada pada Monitoring
Gangguan Internet Speedy pada Aplikasi T3 Online tidak selamanya dapat berjalan
dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Gangguan tersebut bisa berasal dari
jaringan yang lagi bermasalah atau bisa juga dari perangkatnya. Untuk itu maka
dibutuhkan penanganan atau strategi pemecahan masalah dari gangguan internet
speedy tersebut agar speedy dapat berjalan dengan baik dan normal kembali, dalam
melakukan penanganan atau melakukan pemecahan masalah atau perbaikan pada
gangguan internet speedy, hendaknya mengetahui bagaimana penyebab terjadinya
gangguan jaringan internet speedy dan gangguan apa saja yang sering terjadi
pada koneksi internet dan penanganannya. Gangguan jaringan pada internet speedy
merupakan hal utama yang menyebabkan speedy tidak bisa koneksi atau berfungsi
dengan normal jaringan ini meliputi kerusakan yang ada pada internet speedy
seperti gangguan jaringan, gangguan perangkat dan gangguan massal, berikut
urainya :
A. Gangguan Jaringan :
1. Error 678
Error ini
biasanya di sebabkan oleh Vlan yang belum aktif, Link yang mati, ada Vlan yang
belum di tanam di Port – Port yang di lewati, Koneksi LAN belum Ok, ADSL yang
belum nyala (On), caranya penaganannya ialah perbaiki settingan modem seperti
nyalakan Modem ADSL, Riset Winsock TCP/IP dan setting modem ADSL.
2. Error 721
Error ini
terjadi karena loading yang lama pada saat verifying, cara penanganannya ialah dengan
mengubah settingan mac-address again time yang lebih kecil.
3. Error 769
Error karena
LAN yang menghubungkan komputer dengan modem tidak berfungsi atau Disable, cara
penanganannya ialah cukup dengan mendoble klik LAN yang menghubungkan komputer
ke modem.
4. Error 691
Error karena
salah ketik Username dan Password dan akibat terlambat bayar atau di isolir,
cara penanganannya ialah ketik dengan benar Username dan Passwordnya, untuk
yang di isolir cukup bayar tangihan perbulannya.
B. Gangguan Perangkat :
Adapun
penyebab terjadinya gangguan pada koneksi internet speedy yang
bersal
dari perangkat yaitu :
1. Faktor pemakaian modem terlalu lama,
maka ada baiknya untuk merefresh sebentar ( matikan modem beberapa menit dan
nyalakan lagi) atau gunakan kipas angin kecil sebagai pendingin modem tersebut.
2. Periksa sambungan kabel antara line
telepon ke modem dan dari modem ke PC.
3. Setup ulang atau setting ulang modem
ke alamat http://192.168.1.1 dan lakukan setting ulang dari awal (Password dan
username ialah admin)
4. Periksa line telepon anda ( jika
memungkinkan atau di curigai ada gangguan), baiknya line telepon yang di
sambungkan ke splitter dicabut dan di hubungkan langsung ke modem.
C. Gangguan Massal :
Gangguan ini terjadi dikarenakan kerusakan
kabel primer yang mengacu STO ( Sentral Telepon Otomat ). Penyebab gangguan
gamas ialah sebagai berikut:
1. Mati listrik / Listrik Down
2. Faktor alam ( Petir ).
3. Pencurian kabel.
Cara
penanganannya ialah :
1. Ganti modul atau perangkat sesuai
dengan kerusakannya.
2. Ganti
kabel atau jika memungkinkan dilakukan penyambungan kabel agar menghemat biaya.
BAB V
PENUTUP
Dalam
penulisan laporan ini di buat dan di susun sesuai apa yang telah penulis dapat
selama dalam pelaksaan PSG, penulis telah berusaha semaksimal mungkin untuk
membuat laporan prakerin ini dengan baik.dan mudah dimengerti. Meskipun
demikian penulis meyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat dalam
laporan ini,untuk menjadikan laporan ini lebih baik,maka penulis mengharapkan
masukan yang bersifat membangun baik dalam bentuk kritik maupun saran.
Pada
akhir laporan ini, penulis akan memberikan kesimpulan serta saran-saran yang
diharapkan mampu memberikan manfaat bagi sekolah,dan bagi pembaca sekalian.
A. Kesimpulan
1. Penanganan
gangguan SPEEDY
adalah mengetahui gangguan dengan cara memonitor melalui T3M
Online dan memperbaiki gangguan yang terdapat di pelanggan.
2. T3M Online adalah program
PT. TELKOM dengan berbasis web yang
mempermudah karyawan PT. TELKOM untuk melakukan proses pencarian data,
perbaikan, troubleshooting, gangguan Speedy
secara cepat dan mudah.
3. Pengguna
Program T3M Online
ini terdiri dari beberapa orang operator
yang masing-masing mempunyai username
dan password untuk dapat
mengakses T3M Onlinenya. Spesifikasi operator
yaitu tingkat pendidikan minimal SMA dengan usia antara 18 sampai 55 tahun.
4. PT. Telkom selalu
berusaha untuk menyediakan dan meningkatkan berbagai jenis layanan yang
bertujuan untuk memberikan kepuasaan pelanggan dengan sistem pelayanan yang
praktis,mudah dan cepat.
5. Dengan
adanya prakterin ini memberikan gambaran dan pengalaman dalam dunia kerja yang
nyata.
B. Saran
1. Pada
bagian penanganan gangguan agar dapat menambah karyawan baru untuk mempercepat
penanganan gangguan ke pelanggan.
2. Seluruh karyawan
PT. TELKOM Sampit baik yang tetap maupun
yang tidak tetap yang telah melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik
sekiranya dapat meningkatkan lagi kinerja dan citra perusahaan secara
keseluruhan.
3. Adanya
larangan merokok pada rumah kabel, karena secara tidak langsung dapat
membahayakan dan merugikan PT. TELKOM Sampit.
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusThe Harrah's Cherokee Casino & Hotel 당진 출장마사지 features over 950 slots and 과천 출장마사지 8 안양 출장안마 restaurants, plus a retail casino. 광주광역 출장마사지 Location: 7 영천 출장마사지 miles from Asheville, NC. Casino Size: 6.9 miles.