Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 30 Oktober 2014

Copyright by Agus Pashter


DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN  ....................................................................................     i
LEMBAR PENGUJI   ……………………………………………………………..     ii
KATA PENGANTAR   …………………………………………………………...    iii
DAFTAR ISI   …………………………………………………………………….    v
DAFTAR GAMBAR   …………………………………………………………….   vii
DAFTAR LAMPIRAN   …………………………………………..........................    ix
BAB I                    :    PENDAHULUAN  ...............................................................    1
A.     Latar Belakang   ………………………………………...    1
B.   Tujuan ..............................……………………………...    2
C.  Ruang Lingkup………………………………………… 3
D.  Metode Pembuatan   ……………………………………    3
BAB II                   :    LANDASAN TEORI  ...........................................................    4
                                   A.    Pengenalan Program T3M……..……………………….    4
                                   B.   Peranan Program T3M..……………..…………… 5
                                   C.  Instruksi Kerja Program T3M………………………….. 5
                                   D.  Spesifikasi Perangkat Keras…………………………… 6
BAB III                  :    ANALISIS SOFTWARE T3M …........................................ 7
A.     Kegiatan Selama Prakerin ……………………………….12
B.   Definisi Program T3M Online....………………………. 13
C.  Pentingnya Program T3M Online ……………………... 13
D. Fungsi dan Cara kerja Program T3M Online.……………13
E.   Cara Instalasi Program T3M Online ….………………. 14
F.   Prosedur Instalasi Program T3M Online.………………. 14
G.  Prosedut Keselamatan Kerja ............................................  20
H.  Prosedur Aktivasi Program T3M Online.......................... 22
I.    Operasional Program T3M Online …............................. 23
J.    Pemeliharaan Penggunaan Program T3M Online............ 39
K.  Penanganan Gangguan...................................................... 39
L.   Sistem Laporan  ............................................................ ... 39
BAB IV                 :    PEMECAHAN MASALAH
A.     Gangguan Jaringan    ……………………………………  40
B.   Gangguan Perangkat ……………………………………  41
C.  Gangguan Massal  ....................................................... 41
BAB V                   :    P E N U T U P
A.     Kesimpulan   ……………………………………………  43
B.   Saran-Saran  ……………………………………………  44
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar belakang
       Pada saat ini perkembangan teknologi  informasi dan telekomunikasi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring zaman. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia, kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi sekarang(globalisasi).
       Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya yang dulu tidak modern. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi yang ada di masyarakat dan khususnya terhadap penyediaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang telekomunikasi yang menjadi tuntutan dalam dunia industri yang membutuhkan pekerja yang profesional.
       Menyikapi perkembangan dunia telekomunikasi inilah diperlukan upaya penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu dan terampil melalui jalur pendidikan formal. SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru merupakan salah satu SMK yang berupaya mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis Telekomunikasi dan Informasi, yakni menjadikan manusia seutuhnya yang memiliki wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta turut bertanggung jawab terhadap kualitas lulusan agar memiliki kompotensi dan kemampuan seperti tuntutan dunia industri.
       Untuk itu, melalui Praktek Kerja Industri inilah yang merupakan suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan siswa pada dunia usaha dan dunia industri khususnya telekomunikasi guna menerapkan ilmu yang diperoleh selama di bangku sekolah untuk diaplikasikan pada dunia usaha dan dunia industri yang bertujuan untuk menambah pengalaman dan sekaligus merupakan wadah pengenalan lingkungan kerja bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Sehingga pada saat memasuki dunia kerja mereka tidak merasa gugup dan canggung lagi.
B.     Tujuan
Adapun tujuan dalam pelaksanaan PSG dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
1.      Tujuan Pelaksanaan PSG
a.       Mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional dengan tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri telekomunikasi dan industri jasa wisata melalui penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada SMK Telkom, SMK Pariwisata Telkom, AKATEL Sandhy Putra , dan AKPAR Sandhy Putra.
b.      Memperkokoh "Link and Match" antara sekolah, dunia usaha dan dunia industri.
c.       Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
d.      Memberi pengakuan dan pnghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.
e.       Untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh sekolah sebagai pelengkap persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
2.      Tujuan Pembuatan Laporan
a)      Untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh sekolah sebagai pelengkap persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan di SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru.
b)     Mengetahui sejauh mana kemampuan siswa/siswi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.
c)      Meninggalkan kreativitas siswa/siswi dalam penulisan yang bersifat objektif maupun ilmiah.
d)     Sebagai bukti bahwa peserta sudah pernah melakukan praktik dalam dunia industri.
e)      Untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang peserta lakukan selama peserta berpraktik dalam dunia industri.
C.     Ruang Lingkup Batasan Masalah
       Dalam pembuatan laporan ini saya sebagai penulis membatasi hal yang dilakukan  selama  menjalani  prakerin  di  PT. TELKOM Sampit ini, yaitu masalah penanganan gangguan speedy dan operasi pelanggan yang meliputi :
1.      Penyettingan Modem speedy
2.      Telkom Trouble Ticket Monitoring System
D.    Metode
       Metode-metode yang digunakan  dalam rangka memperoleh bahan untuk pembuatan laporan yaitu:
1.    Metode Observasi
        Metode observasi yaitu melaksanakan pengamatan dengan pencatatan data secara langsung maupun tidak langsung terhadap obyek yang diamati dan dipelajari.
2.    Metode Interview
Melakukan interview atau tanya jawab kepada berbagai sumber untuk mendapatkan sebuah informasi atau jawaban dari suatu masalah yang terjadi.
3.    Metode Analisis
Metode yang dilakukan dengan cara membaca, mengamati dan memahami beberapa sumber tertulis yang didapat dari pembimbing maupun yang didapat di sekolah sehingga memperoleh informasi yang membantu proses penyusunan laporan.
4.      Metode Wawancara
Metode yang dilakukan dengan wawancara atau pemberian materi langsung maupun tidak langsung dari pembimbing lapangan.

BAB II
LANDASAN TEORI
A) Sejarah Singkat PT. Telkom
      PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dbergerak dibidang jasa, Telekomunikasi untuk umum dalam negeri. Pada awalnya bernama “ Post En Telegraf Dienst” yang didirikan pada tahun 1884 dengan staf blod No. 52, kemudian pada tahun 1906 diubah menjadi “post Telegraf En Telegraf Dienst” (PTT) dengan starbold No. 395 dan sejak saat itu disebut PTT. Tahun 1931 ditetapkan sebagai usaha IBW. Selanjutnya pada tahun 1960 Pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti UU No.  19 tahun 1960, tentang persyaratan sebuah Perusahaan Negara, ternyata PTT memenuhi syarat untuk menjadi Perusahaan Negara (PN) dan PERPU No. 240 tahun 1961 berubah menjadi PN dan Telekomunikasi.
      Lapangan usaha PN Pos dan Telekomunikasi berkembang sedemikian pesatnya sehingga organisasi perubahan perlu ditinjau kembali hasilnya berdasarkan keputusan pemerintah (PP. No. 29-30 tahun 1965), berdasarkan kepada keputusan tersebut maka pada tahun 1965 dilaksanakannya pemecahan PN Pos dan Telekomunikasi menjadi dua perusahaan yaitu Perusahaan Pos dan Giro dan Perusahaan Negara Telekomunikasi. Sesuai dengan surat keputusan Menteri Perhubungan  R.I No. SK. 129/U/1970 tanggal 28 April 1970 PN Telekomunikasi yang didirikan pada tahun 1965 dilanjutkan sebagai Perusahaan Umum Telekomunikasi yang disingkat PERUMTEL, keberadaan PERUMTEL dilakukan dengan Peraturan Pemerintah  No. 36. Tahun 1974 yang menetapkan sebagai pengelola Telekomunikasi untuk umum dalam negeri dan luar negeri.
            Pada akhir tahun 1980 pemerintah mengambil kebijaksanaan dengan membeli seluruh saham PT. INDOSAT sebuah perusahaan swasta yang didirikan dalam rangka Penanaman Modal Asing (PMA) yang kemudian diubah statusnya menjadi suatu BUMN berbentuk persero, kemudian selanjutnya pembelian saham tersebut dituangkan saham bentuk pemerintah No. 52 tahun 1980.
      Selanjutnya untuk lebih meningkatkan pelayanan jasa Telekomunikasi untuk umum dengan peraturan pemerintah No. 22 tahun 1974 yakni menetapkan PERUMTEL sebagai badan usaha yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan Telekomunikasi untuk umum Internasional.
      Dengan ditetapkannya undang-undang No. 3 tahun 1989 tentang Telekomunikasi di Indonesia, maka usaha penyelenggaraan Telekomunikasi Indonesia mendapat angin segar dalam pengembangan dan pembangunannya, kemudian dalam rangka peningkatan efisiensi dan efektivitas usaha jasa Telekomunikasi dengan peraturan pemerintah No. 25 tahun 1991 perusahaan Telekomunikasi berubah status menjadi PT. (Persero) Telekomunikasi Indonesia yang selanjutnya disebut TELKOM. Akta pendirian Telkom No. 128 tahun 1991 Notaris Imam Fatimah, S.H.
      Dengan berubahnya status ini maka makin terbuka peluang bagi PT. TELKOM untuk berbuat lebih baik lagi dalam usaha memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen jasa Telekomunikasi.
      Perubahan dilingkungan PT.TELKOM (persero) berlangsung seperti perubahan dari jawatan persero sampai perubahan public, bahkan secara macro penyelenggaraan yang semula menjadi monopoli Pemerintah berlangsung Privatisasi penyelenggraan Telekomunikasi. Jika perubahan tersebut dimaksud untuk meningkatkan kemampuan perusahaan.
1)            Perubahan besar-besaran terjadi pada tahun 1995 meliputi :
2)      -          Restrukturisasi internal
3)      -          Kerja sama operasi
4)      -          Initial public offering
5)      Sebagai hasil restrukturisasi, sejak 1 Juli 1995 organisasi TELKOM terdiri dari tujuh Divisi Regional dan satu Divisi Network, yang kedua-keduanya mengelola bidang usaha.
6)      Divisi Regional ini menjadi pengganti struktur wilayah usaha Telekomunikasi (WITEL) yang memiliki daerah territorial tertentu, namun hanya menyelenggarakan jasa telepon local dan mendapat bagian dari jasa Sambungan Langsung (SLI) melalui perhitungan interkoneksi.
7)      Divisi Network menyelenggarakan jasa Telekomunikasi jarak jauh dalam negeri pengoperasian jaringan transmisi jalur utama nasional. Divisi regional TELKOM memiliki wilayah sebagai berikut :
·         Divisi I Sumatera
·         Divisi II Jakarta Raya meliputi (Jabotabek) Jakarta, Bogor, Tanggerang,
·         Bekasi, Bogor, Kerawang, dan Purwakarta
·         Divisi III Jawa Barat minus Serang, Bogor, Kerang, dan Purwakarta.
·         Divisi III Jawa Barat minus Serang, Bogor, Kerawang, dan Purwakarta.
·         Divisi IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
·         Divisi V Jawa Timur.
·         Divisi VI Seluruh Kalimantan.
·         Divisi VII Kawasan Timur Indonesia terdiri dari Sulawesi, Bali, Nusa
·         Tenggara, Maluku dan Irian Jaya.
8)      Adapun yang termasuk Divisi penunjang (Support) adalah:
·         Divisi Riset Teknologi Informasi (RISTI)
·         Divisi Atelir
·         Divisi Properti
·         Divisi Pelatihan
·         Divisi Sistem Informasi
·         Divisi Pembangunan
·         Divisi Fix Wireless
·         Divisi Extrepreneur
9)      Perkembangan terakhir berdasarkan keputusan Direksi TELKOM, mulai tanggal 31 Desember 1996, TELKOM menambah dua divisi yaitu : Divisi Multimedia sebagai pengelola bisnis dan Divisi Pembangunan sebagai divisi penunjang.
10)  Adapun ruang lingkup usaha dari masing-masing Divisi di PT. TELKOM dapat diuraikan sebagai berikut :
·         Divisi Network (DIVA)
 Divisi yang menyelenggarakan jasa Telekomunikasi jarak jauh dalam negeri melalui pengoperasian jaringan transmisi jalur utama nasional. Penanganan Divisi Network utamanya adalah untuk kepentingan Internal PT. TELKOM.
·         Divisi Multimedia
      Divisi mengelola jasa Multimedia dan Network Provider untuk melayani masyarakat, langganan dan Internal PT. TELKOM, Internet Provider, Cooperate Customers. Divisi ini bertanggung jawab untuk menyiapkan bisnis dan masa depan yang ditandai dengan adanya konvergansi Telepon, TV Kabel (Video Communication) dan Internet (Computer Comunication).
·         Divisi Sistem Informasi
      Divisi yang menyediakan sistem informasi, baik untuk kepentingan PT. TELKOM maupun pihak lain, Sistem Informasi Management, Sistem Informasi Customer ( I-SISKA)  Billing Coorperate Data Base, Interkoneksi Billing dan proses Telepon Selular.
·         Divisi Riset Teknologi Informasi (RisTI)
Divisi yang melaksanakan riset dan pengembangan teknologi Telekomunikasi dan informasi untuk keperluan Internal PT. TELKOM, baik riset pengembangan produk baru, standarisasi perangkat, Ground Scenario Tecnology dan kaji laboratorium.
·         Divisi Properti
      Divisi yang mengelola propertis (tanah, gedung dan sarana lainnya) milik PT.  TELKOM yang tidak berkaitan dengan alat produksi. Pengelolaan properties ini utamanya untuk kepentingan PT. TELKOM, namun bila memungkinkan dapat melayani pihak lain.
·         Divisi Atelir
Divisi yang berfungsi sebagai repair center (Pusat Perbengkelan) bagi PT. TELKOM meliputi pengetesan dan modul repair, menyediakan suku cadang perangkat dan konsultasi.
·         Divisi Pelatihan
Divisi yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi pegawai PT. TELKOM untuk menunjang terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas, professional dan berintegrasi.
·         Divisi Pengembangan
     Divisi yang melaksanakan pembangunan, rekontruksi jaringan, konsultasi pembangunan, desain proyek dan pengadaan untuk keperluan PT. TELKOM. Divisi pembangunan ini tidak menangani pembangunan yang menjadi tanggung jawab mitra KSO.
·         Divisi Fix Wieless
      Divisi yang bertanggung jawab pada pengadaan produk TELKOMFlexi serta maintenance jaringannya.
·         Divisi Extrepreneur
      Divisi yang berfungsi sebagai analis pasar Telkom kedepan, sehingga kinerja dari Telkom dapat terus terjaga dari sudut konsumen.
B)    Pengenalan TELKOM TROUBLE TICKET MONITORING.
       Telkom Trouble Ticket Monitoring System adalah sebuah program yang berbasis web yaitu program.php, digunakan di PT. TELKOM Sampit untuk database laporan penggunaan speedy pelanggan yang gangguan maupun rusak. Bisa kita singkat T3M saja ,program ini yang digunakan untuk mempermudah dalam penanganan gangguan pada pelanggan di PT. TELKOM. Dengan menggunakan program T3M inilah, gangguan, kerusakan speedy, dan lain-lainnya dapat kita ketahui karena ada laporan yang bersumber dari pelanggan yang melapor. Data-data di T3M merupakan suatu informasi yang sangat penting juga. Data-data itu memberitahukan kita bahwa dimana saja speedy maupun teleponnya gangguan sehingga akan kita cek ke lapangan dan diperiksa apa yg membuat speedy maupun telepon tersebut mengalami gangguan. Program T3M dapat dibuka pada sebuah komputer dan laptop manapun yang ber-OS Windows maupun Linux asal ada Internet Browsernya dan harus connect ke internet. Tetapi membukanya harus mendapat izin dari petugas PT.TELKOM SAMPIT yang bersangkutan.


                                    Gambar 2.1 URL untuk ke TELKOM  TROUBLE TICKET
                       

Gambar 2.2 Tampilan awal login T3M ONLINE
Untuk masuk ke TELKOM TROUBLE TICKETnya , kita harus masukkan userID dan password  di form pengisian tersebut.
C)    Peranan Program TELKOM TROUBLE TICKET
       Dengan program TROUBLE TICKET ini, kita dapat mempermudah dalam penyelesaian gangguan pada perangkat telekomunikasi baik letak ataupun nomor telepon yang mengalami gangguan berdasarkan letak yang mengalami gangguan. Yang kedua dengan program ini kita dapat mengetahui gangguan tersebut terkirim dari mana berasal biasanya pelaporan dari Mitra POJ Palangkaraya. Dengan adanya program T3M ini penanganan memudahkan unutk mengetahui gangguan pada perangkat telekomunikasi tersebut.
D)    Instruksi Kerja Program TELKOM TROUBLE TICKET
       Instruksi kerja program T3M merupakan instruksi kerja yang digunakan untuk mengetahui berbagai macam pengetahuan gangguan telepon,gangguan speedy serta gangguan/masalah jaringan.
E)    Spesifikasi Perangkat Keras
       Spesifikasi perangkat keras yang digunakan di PT. TELKOM  Sampit untuk TELKOM TROUBLE TICKET adalah sebagai berikut.
a.       HP compaq dx2355 MT (Build Up)
b.      AMD Athlon Dual Core Processor 4450B 2.31 GHZ, 1 GB RAM
c.       Harddisk 80 GB
       Selain perangkat keras yang digunakan di PT. TELKOM  Sampit untuk membuka TELKOM TROUBLE TICKET kita bisa menggunakan computer atau laptop yang lain minimal spesifikasi perangkat kerasnya adalah:
a.      Processor Intel Atom atau Intel Pentium Inside
b.      512 RAM
c.       Harddisk 80GB
      

                                  
BAB III
         ANALISIS PROGRAM TELKOM TROUBLE TICKET MONITORING SYSTEM
A.  Kegiatan Selama Prakerin
     Kegiatan saya selama Prakerin di PT.TELKOM SAMPIT adalah sebagai berikut :
1.      Di ruangan MDF
·         Perapihan Jumper Wire
·         Monitoring GGN, Printout WO,TENOSS
·         Setting Speedy
·         Cek Arister
2.      Di ruangan Caring
·         Survey DP
·         Diagnosing gangguan Speedy
·         Setting Speedy
·         PRACT0 dan CT0
·         T3 Monitoring Online
3.      Di ruangan Central
·         Menghapus database pelanggan
·         PSB MSAN
·         Setting Speedy
·         BMML
            Dari semua kegiatan Prakerin tersebut , saya bataskan 2 bahasan untuk dijadikan laporan dan itu yang paling sering saya kerjakan, yaitu Setting Speedy dan T3M Online.
B.    Definisi Program T3M Online
     T3M merupakan program berbasis web yang digunakan mengelola data-data gangguan dan kerusakan jaringan , speedy maupun juga telepon pelanggan. serta memberikan informasi kepada penggunanya dengan cepat dan mudah. Dengan kata lain, T3M memberi flexibilitas kepada operator jaringan. Program T3M berjalan memakai koneksi internet speedy dan hanya dapat diakses oleh karyawan PT. TELKOM  yang otomatis telah memiliki username dan password untuk dapat login ke dalamnya. Kemudian menu-menu yang terdapat dalam program T3M sudah dikelompokkan berdasarkan divisi yang ada di PT. TELKOM. Contohnya, pada divisi regional Banjarmasin, maka kita akan melihat data-data laporan gangguan telepon dan speedy dari Banjarmasin saja.
      Kita sebagai anak PRAKERIN juga bisa menggunakan program ini akan tetapi , harus ada izin dari petugas yang bersangkutan dan digunakan sesuai apa yang ditugaskan dan hanya bisa diakses memakai internet.
C.  Pentingnya Program T3M Online
       T3M merupakan program yang sangat penting untuk mempermudah melakukan proses pencarian data gangguan telepon, jaringan maupun Speedy secara cepat dan mudah untuk mengetahui letak tempat dimana pelanggan yang melapor, karena datanya sudah tertera di T3M.
D.  Fungsi dan cara Program T3M Online
       Cara kerja T3M digunakan untuk itu simple, untuk mengetahui berbagai macam gangguan jaringan,gangguan modem ataupun bisa gangguan masal.
E.  Cara Instalasi Program T3M Online
       Karena T3M adalah software berbasis web maka untuk membuka  T3M hanya perlu memasukkan URL Portal t3-online.telkom.co.id, lalu masukkan username dan password yang sudah diberikan sesuai dengan pemberian dari pihak PT.TELKOMnya, asalkan anda sudah terkoneksi dengan internet, dengan provider SPEEDY atau apapun yg produk TELKOM yang sudah tersetting di laptop maupun PC anda.Tapi biasanya petugas TELKOM sering membuka ini T3M melalui koneksi SPEEDY, jarang yang lain. Disini saya akan menjelaskan bagaimana menyetting SPEEDY agar T3Mnya bisa terbuka.
F.     Prosedur Instalasi Program T3M Online
      Berikut akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan setting komputer / laptop dengan menggunakan modem SPEEDY agar dapat membuka T3M  dengan maksimal :
1.    Modem SPEEDY
       Pastikan anda sudah mempunyai jaringan SPEEDY dirumah ataupun didaerah anda dan sudah mendapatkan modem yang sudah disediakan dan dipinjamkan dari PT.TELKOM ataupun sudah mempunyai modem sendiri. Dan pasang lah sesuai prosedur yang ada.
     
    Gambar 2.3 Tampilan belakang modem

                      Gambar 2.4 Pemasangan modem
Pastikan lampu POWER,ADSL, dan LANnya menyala. Lampu ADSL itu memberitahukan bahwa sinyal/jaringan hidup/aktif. Jika hidup berarti aktif jika
              mati maka jaringan tidak ada/ bisa rusak.
                           Gambar 2.5 Lampu LED modem SPEEDY TP-LINK 
2.    Web Browser
      Setelah modem sudah terpasang dengan benar. Maka bukalah Web browser yang ada dilaptop anda. Bisa Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lainnya.Disini saya menggunakan web browser Mozilla Firefox. Ketikkan tempat kolom URLnya dengan IP 192.168.1.1

                               Gambar 2.6 Tampilan awal Mozilla firefox
                                                                     
3.    Login
     Lalu tekan Enter. Setelah itu akan muncul Autentifikasi dari penyettingan modem SPEEDYnya, dan masukan Usernya admin dan Password juga admin. Lalu pilih OK.
            

                             Gambar 2.7 Autentifikasi Login Admin  modem
4.    Setting Speedy
      Inilah tampilan pertama setup modem speedy, kita pilih Interface Setup , kemudian click Internet.VPI dan VCI koneksi speedy selalu harus 0 dan 35 , Statusnya diaktifkan
ISP pilih PPPoA/PPPoE.
         

         Gambar 2.8 Tampilan Interface Setup modem TP-LINK Speedy
                        Masukkan Username dengan Password yang sudah disediakan dari
                 PT.TELKOM Bridge interface deactivedkan.
             Gambar 2.9 Tampilan Interface Setup ke-2
      Get IP Address Dynamic ,Default Route Yes dan yang lainnya sesuaikan dengan yang sudah tersetting terlebih dahulu.Kalau sudah, save dan tunggulah beberapa saat.
                  

                          Gambar 3.0 Tampilan Interface Setup ke-3
                   Apabila sudah tersetting/terinstall jaringan speedynya maka melihat terkoneksi
            Atau tidak adalah buka Menu Status. Ceklah lancarnya koneksi di SNR Margin dan
            Line Attenuation.                                      
      
                                 Gambar 3.1 Tampilan Menu Status
5.    Baik jeleknya koneksi SPEEDY
            Bisa dilihat dari SNR Margin dan Line Attenuation seperti dibawah ini:    
                                         Gambar 3.2 Daftar SNR Margin dan Line Attenuation
6.    Setting Wifi
       Kelebihan modem Speedy sekarang adalah modemnya sudah langsung route juga. Jadi kalau ingin menggunakan koneksi Wifi langsung disetting di modemnya, tanpa harus beli Access Point atau Routernya lagi. Cara settingnya sebagai berikut:
  
                       Gambar 3.3 Tampilan awal Google Chrome
      Ketikkan di URLnya dengan alamat IP 192.168.1.1 , isikan user dan passwordnya admin dan admin. Klik Ok, terus Interface setup kemudian pilih Wireless.Broadcast SSID YES , lalu isilah SSID/nama wireless sesuai apa yang kalian inginkan. Dan sebagai contoh disini namanya adalah Plasa Telkom. Password terserah apabila mau dipakai, kalau tidak dipakai pilih Disabled saja.Pilih Save jika sudah disetting , dan wireless bisa digunakan.
                             Gambar 3.4 Tampilan Interface setup Wireless
G. Prosedur Keselamatan Kerja
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika bekerja didepan komputer, yaitu dengan mengatur posisi duduk, monitor dan posisi meja.
1.    Posisi duduk
a.       Posisi paha horizontal, sejajar dengan lantai.
b.       Posisi telapak kaki menapak ke tanah. Bila tidak, berarti posisi duduknya terlalu tinggi.
c.        Bantalan kursi menopang punggung bagian bawah, sehingga punggung tetap tegak.
d.       Rubah posisi duduk Anda secara berkala selama bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan.
e.        Punggung santai tapi tidak membungkuk.
f.        Kepala tak membungkuk atau terlalu condong ke depan.
2.    Monitor 
b.       Pastikan layar monitor dalam kondisi bersih, sehingga tak ada noda yang menghalangi pandangan mata.
c.        Atur setelan brightness dan kontras layar secukupnya sehingga nyaman bagi mata.
d.       Atur posisi layar monitor agar tak memantulkan cahaya yang menyilaukan mata.
e.        Atur posisi bagian atas layar sejajar atau sedikit di bawah pandangan mata.
f.        Jarak antara mata ke layar kira-kiran di kisaran 50-60 cm.
3.    Posisi Meja
a.       Letakkan keyboard pada posisi yang membuat lengan terasa rileks.
b.       Posisi siku dengan meja membentuk sudut 90 derajat.
c.        Pergelangan tangan pada posisi netral, lurus dan nyaman.
d.       Saat mengetik, pergelangan tangan berada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari.Tempatkan mouse dekat dengan keyboard, sehingga tak perlu menggerakan tangan terlalu jauh untuk meraihnya.
H.  Prosedur Aktivasi Program T3M Online  

Jika login benar maka akan masuk ke program TROUBLE TICKETnya. Jika login dan password salah akan muncul WrongUser ID or Password, ulangi login.
                        Gambar 3.5 Tampilan Aktivasi T3M online

Tapi kalau User ID or Password sudah benar tapi tetap tidak bisa masuk , berarti program T3Mnya ada gangguan , dan bisa melapor ke Palangkaraya dan menunggu repairnya.
                        Gambar 3.6 Tampilan Utama T3M-Online
I.     Operasional Program T3M Online
        Operasional perangkat T3M pertama yaitu dari membuka tab Ticket halaman

utama T3M.

                                           Gambar 3.7 Tampilan Utama T3M-Online 2
1.    Proses Operasional
a.  Ticket Speedy Area
      Ticket Speedy Area digunakan untuk mengetahui laporan gangguan jaringan speedy ataupun kerusakan dalam perangkat internetnya dari pelanggan ke telkom, Dengan prosedur sebgai berikut untuk membukanya :
Buka T3M melalui web browser, web browser yang biasa dipakai adalah Firefox, lalu masukkan address seperti pada gambar.
                                   

                                                Gambar 3.8  URL address T3M online
                 Maka akan masuk kedalam web T3M lalu isikan userID dan password-nya.
                                                             Gambar 3.9 Halaman T3M online

                                                             
                        Setelah login , anda akan masuk ke tampilan menu utama T3M online                     
Gambar 3.10 Tampilan menu utama T3M online
1)   Setelah login, pilih menu Ticket
             
              Gambar 3.11 Tampilan menu T3M online
2)   Lalu pilih klik menu Speedy Area
                
                     Gambar 3.12 Tampilan T3M online
3)     Ticket Speedy Area adalah dimana suatu laporan gangguan atau kerusakan jaringan maupun perangkat speedy akan berbentuk ticket, dan itu ticket khusus semua pengguna speedy saja.
4)                 
Pilih lagi Ticket Per Datel                                                      

  Gambar 3.13 Tampilan data di menu Ticket , Speedy Area
5)   Pada gambar 3.21 arti dari Ticket Per Datel  adalah ticket Daerah daerah tempat pelanggan yang berlangganan Telkom maupun telepon ataupun Speedy.
6)      Ketika sudah dipilih Ticket Per Datel, maka T3M online akan meminta tempat Regional manakah yang mau dilihat ticketnya, maka pilih Regional Sampit yaitu adalah Regional VI.


       
               Gambar 3.14 Tampilan T3M online (Regional)
7)    
Pilih Areanya adalah DATEL PALANGKARAYA trus klik lah SEARCH
             
Gambar 3.15 Tampilan T3M Online (Pilih Area)
8)    Inilah tampilan yang akan keluar setelah kita SEARCH tadi , list list nama pelanggan yg melapor ada gangguan Speedy
          
 
            Gambar 3.16 Tampilan T3M online(Ticket Active)
9)   No.Speedy L:7  maksudnya adalah, laporan yang sudah lumayan lama tidak ditangani dan diminta untuk lekas diperbaiki
10)        No Speedy L:4 maksudnya adalah laporan yang sudah terlalu lama tidak ditangani dan diminta untuk segera diperbaiki
11)        No Speedy L:4 maksudnya adalah laporan termasuk lama juga sekitar 2 minggu tapi tidak ada penanganan, dan diminta untuk diperbaiki
12)   
Setelah tampil seperti gambar diatas, maka inputkan No.Speedy di kolom search yaitu 162407 ,terus Tekan Enter.           
            Gambar 3.17 Tampilan T3M online 2(Ticket Active)
13)    Setelah itu,buka salah satu laporan ticket gangguannya klik kanan, Open Link In New Tab untuk memudahkan.
                                        Gambar 3.18 Tampilan T3M Online 3 (Ticket Active)
14)  Inilah tampilan Ticket laporan pelanggan,                   
    
  Gambar 3.19 Hasil Ticket
                 Gambar 3.20 Hasil Ticket 2
Gambar 3.21 Hasil Ticket 3
15)    Bacalah analisa awal gangguan, jika sudah. Catatlah ticket laporan diantaranya :
·         Speedy Number
·         Nama pelanggan/pelapor
·         Alamat lengkap
·         No.telp/Contact Personnya
·         Keluhan yang dialami
·         Password Speedynya
       
b.   Login OS3
Password bisa kita dapatkan dengan bertanya dengan Customer Service atau
bisa kita cari sendiri menggunakan program web Login OS3.
1)   OS3 bisa dibuka di PC atau laptop Petugas TELKOM saja, membukanya harus ada ijin dengan petugas TELKOM yang bersangkutan.
Buka di PC Customer Service Login OS3nya , masukkan Username dan Password dari Telkomnya.

Gambar 3.22  Login Os3
2)   Setelah terbuka , Klik + Transaksi Speedy , Search Account
Gambar 3.23 Tampilan pencarian akun Speedy
3)   Kemudian centang di kotak Username , masukkan Username Speedy pelanggan.
    
            Gambar 3.24 Tampilan Search account Speedy
4)   Pilih Cari, kemudian klik gambar Kaca pembesar(Query), maka akan muncul password speedynya.
      
          Gambar 3.25 Hasil Search account Speedy
5)   Setelah password telah dicatat, maka kalau ingin lebih baiknya , telepon pelanggan yang bersangkutan, Tanya kapan bisa diperbaiki dan segeralah menuju kerumahnya.
c.  Macam-macam gangguan Speedy
          Penanganan gangguan internet speedy yang dilakukan oleh para teknisi yang bekerja dilapangan. Mereka meninjau satu persatu kerumah maupun  instansi / perusahaan pelanggan speedy. Begitupun dengan penulis yang beberapa  kali pernah terjun langsung kelapangan dan mendapatkan hasil observasi sebagai berikut :
Adapun table Analisa Output sebagai berikut :
No
Gangguan
Akibat
Penanganan
1
Modem tidak dapat koneksi
-      Modem terjatuh
-   Ganti modem dengan yang baru
-      Modem terkena sambar petir
-   Setting ulang modem
-      Lampu ADSL mati
-   Cek kualitas jaringan dengan Embassy
2
Username dan password tidak berfungsi
-    Pelanggan mencoba setting modem sendiri
-    Setting ulang modem dengan meminta data password  dan username dari operator
-    Modem di pakai di computer yang lain
-    Pelanggan iseng menreset settingan modem
3
Modem koneksi tapi tidak dapat browsing
-   Lampu ADSL kedap – kedip
-    Cek status jaringan oleh operator dengan menggunakan Embassy
-   Kualitas jaringan down
-    Apabila kualitas buruk minta bantuan operator MDF ( Maintenance Distribution Facility)
-   Cuaca buruk
-   Port DSLAM berubah
4
Jalur speedy terkena cuaca buruk
-   Hujan deras
-   Minta bantuan teknisi untuk bekerja sama memperbaiki jalur
-   Jalur tertimpa pohan tumbang
5
PC tidak konek
-    OS tidak support
-    Pilih Encapsulation : PPoE
-    LAN Card tidak terdeteksi
-    Username dan password di simpan di modem
-    ON/OFF speedy dari power modem
-    Install windows XP
6
Koneksi speedy putus – putus
-   Kualitas jaringan jelek
-    Perbaikan jaringan fisik
-   Kualitas splitter jelek
-    Ganti splitter matikan modem beberapa saat sampai lampu ADSL menyala
-   Kualitas modem jelek (Modem panas)
d.   Menclose Tiket di T3M online
       Jika gangguannya sudah teratasi dengan mendatangi perusahaan atau tempat pelanggan yang bersangkutan,maka ticket yd sudah ditangani harus diclose. Cara closenya ada 2 sebagai berikut        :
a.  Cara Technical close
1)            Buka T3M onlinenya , terus buka tiket yg sudah ditangani, copy Nomor ticketnya
                             Gambar 3.26 Tampilan Ticket 4
2)   Terus buka Menu ACTION    terus TECHNICAL CLOSE  , copy nomor tadi , ke kolom Nomor yg tersedia, terus Search , tekan Enter.
                        Gambar 3.27 Input nomor Tciket
3)   Setelah terbuka , klik Nomor ticketnya.
                             Gambar 3.28 Hasil pencarian nomor Ticket
4)           Muncul beberapa form , isi form Segment dan Sub Segment sesuai apa gangguan dan hasil perbaikannya.

                                         Gambar 3.29 form Technical Close
Jika memang benar selesai di tangani Form Dispatchnya kirim ke C3 Balikpapan. Jika belum tertangani dengan selesai maka Dispatch lagi kepada Mitra POJ Palangkaraya. Jika sudah klik SAVE.
b.   Secara Dispatch close
1)       Buka T3M onlinenya , terus buka tiket yg sudah ditangani, copy Nomor ticketnya
                                                Gambar 3.30 Tampilan ticket 5
2)  Kemudian ketik tindakan yang sudah dilakukan dan hasilnya jika sudah Dispatch ke C3 Balikpapan atau Mitra POJ Palangkaraya.Trus Klik SAVE.

Gambar 3.31 Form pengisian Tindakan dan Hasil
     
J. Pemeliharaan Penggunaan Program T3M Online
       Karena perangkat di jalankan melalui sebuah komputer maka untuk pemeliharaan agar meningkatkan kinerja perangkat adalah dengan melakukan Scan Disk untuk memeriksa file system dari kemungkinan error serta memperbaikinya dan melakukan Disk Defragment untuk menjaga kestabilan dan kondisi hardisk serta mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program.
K. Penanganan gangguan
       Gangguan yang terjadi pada perangkat biasanya adalah tidak bisa login, atau gangguan dari jaringannya. Penanganan yang dilakukan yaitu dengan cara melaporkan Help Desk IS Cente, atau ke Palangkaraya dan Banjarmasin.
L.  Sistem pelaporan
       Sistem pelaporan dapat dilakukan dengan cara via call ke nomer 500472.
                                
BAB IV
PEMECAHAN MASALAH
                  
     Sebagaimana yang telah dijelaskan di penjelasan sebelumnya bahwa strategi pemecahan masalah yang ada pada Monitoring Gangguan Internet Speedy pada Aplikasi T3 Online tidak selamanya dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Gangguan tersebut bisa berasal dari jaringan yang lagi bermasalah atau bisa juga dari perangkatnya. Untuk itu maka dibutuhkan penanganan atau strategi pemecahan masalah dari gangguan internet speedy tersebut agar speedy dapat berjalan dengan baik dan normal kembali, dalam melakukan penanganan atau melakukan pemecahan masalah atau perbaikan pada gangguan internet speedy, hendaknya mengetahui bagaimana penyebab terjadinya gangguan jaringan internet speedy dan gangguan apa saja yang sering terjadi pada koneksi internet dan penanganannya. Gangguan jaringan pada internet speedy merupakan hal utama yang menyebabkan speedy tidak bisa koneksi atau berfungsi dengan normal jaringan ini meliputi kerusakan yang ada pada internet speedy seperti gangguan jaringan, gangguan perangkat dan gangguan massal, berikut urainya :
            A.      Gangguan Jaringan :
            1.        Error 678
     Error ini biasanya di sebabkan oleh Vlan yang belum aktif, Link yang mati, ada Vlan yang belum di tanam di Port – Port yang di lewati, Koneksi LAN belum Ok, ADSL yang belum nyala (On), caranya penaganannya ialah perbaiki settingan modem seperti nyalakan Modem ADSL, Riset Winsock TCP/IP dan setting modem ADSL.
            2.        Error 721
     Error ini terjadi karena loading yang lama pada saat verifying, cara penanganannya ialah dengan mengubah settingan mac-address again time yang lebih kecil.
            3.        Error 769
     Error karena LAN yang menghubungkan komputer dengan modem tidak berfungsi atau Disable, cara penanganannya ialah cukup dengan mendoble klik LAN yang menghubungkan komputer ke modem.
            4.        Error 691
     Error karena salah ketik Username dan Password dan akibat terlambat bayar atau di isolir, cara penanganannya ialah ketik dengan benar Username dan Passwordnya, untuk yang di isolir cukup bayar tangihan perbulannya.
            B.       Gangguan Perangkat :
            Adapun penyebab terjadinya gangguan pada koneksi internet speedy yang
            bersal dari perangkat yaitu :
   1.         Faktor pemakaian modem terlalu lama, maka ada baiknya untuk merefresh sebentar ( matikan modem beberapa menit dan nyalakan lagi) atau gunakan kipas angin kecil sebagai pendingin modem tersebut.
              2.         Periksa sambungan kabel antara line telepon ke modem dan dari modem ke PC.
   3.         Setup ulang atau setting ulang modem ke alamat http://192.168.1.1 dan lakukan setting ulang dari awal (Password dan username ialah admin)
   4.         Periksa line telepon anda ( jika memungkinkan atau di curigai ada gangguan), baiknya line telepon yang di sambungkan ke splitter dicabut dan di hubungkan langsung ke modem.
            C.       Gangguan Massal :
                 Gangguan ini terjadi dikarenakan kerusakan kabel primer yang mengacu STO ( Sentral Telepon Otomat ). Penyebab gangguan gamas ialah sebagai berikut:
            1.        Mati listrik / Listrik Down
            2.        Faktor alam ( Petir ).
            3.        Pencurian kabel.
            Cara penanganannya ialah :
            1.        Ganti modul atau perangkat sesuai dengan kerusakannya.
2.        Ganti kabel atau jika memungkinkan dilakukan penyambungan kabel agar menghemat biaya.


BAB V
PENUTUP
             Dalam penulisan laporan ini di buat dan di susun sesuai apa yang telah penulis dapat selama dalam pelaksaan PSG, penulis telah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat laporan prakerin ini dengan baik.dan mudah dimengerti. Meskipun demikian penulis meyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat dalam laporan ini,untuk menjadikan laporan ini lebih baik,maka penulis mengharapkan masukan yang bersifat membangun baik dalam bentuk kritik maupun saran.
       Pada akhir laporan ini, penulis akan memberikan kesimpulan serta saran-saran yang diharapkan mampu memberikan manfaat bagi sekolah,dan bagi pembaca sekalian.
A.  Kesimpulan
1.    Penanganan gangguan SPEEDY adalah mengetahui gangguan dengan cara memonitor melalui T3M Online dan memperbaiki gangguan yang terdapat di pelanggan.
2.    T3M Online  adalah  program  PT. TELKOM dengan berbasis web yang mempermudah karyawan PT. TELKOM untuk melakukan proses pencarian data, perbaikan, troubleshooting, gangguan Speedy secara cepat dan mudah.
3.    Pengguna Program T3M Online ini terdiri dari  beberapa orang operator yang masing-masing mempunyai  username  dan  password  untuk dapat mengakses T3M Onlinenya. Spesifikasi operator yaitu tingkat pendidikan minimal SMA dengan usia antara 18 sampai 55 tahun.
4.    PT. Telkom selalu berusaha untuk menyediakan dan meningkatkan berbagai jenis layanan yang bertujuan untuk memberikan kepuasaan pelanggan dengan sistem pelayanan yang praktis,mudah dan cepat.
5.    Dengan adanya prakterin ini memberikan gambaran dan pengalaman dalam dunia kerja yang nyata.
B.  Saran
1.    Pada bagian penanganan gangguan agar dapat menambah karyawan baru untuk mempercepat penanganan gangguan ke pelanggan.
2.    Seluruh karyawan PT. TELKOM Sampit baik yang tetap maupun yang tidak tetap yang telah melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik sekiranya dapat meningkatkan lagi kinerja dan citra perusahaan secara keseluruhan.
3.    Adanya larangan merokok pada rumah kabel, karena secara tidak langsung dapat membahayakan dan merugikan PT. TELKOM Sampit.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    The Harrah's Cherokee Casino & Hotel 당진 출장마사지 features over 950 slots and 과천 출장마사지 8 안양 출장안마 restaurants, plus a retail casino. 광주광역 출장마사지 Location: 7 영천 출장마사지 miles from Asheville, NC. Casino Size: 6.9 miles.

    BalasHapus

- Copyright © Agus Putra TKJ - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -